6 Makanan Penyebab Jerawat Yang Harus Dihindari

Jerawat merupakan momok bagi seseorang yang mementingkan penampilan, jerawat bisa menjadi masalah besar bagi sebagian orang. Apalagi bila jerawat ini berada di bagian kulit wajah dengan jumlah yang terlalu berlebihan. Tentu saja kondisi itu akan mengganggu penampilan. Hal ini yang membuat banyak orang melakukan perawatan dengan biaya yang mahal untuk mengatasi dan menghindari jerawat di wajah. Namun, kamu harus tahu bahwa jerawat yang muncul di bagian kulit wajah memang bisa disebabkan beberapa faktor. Beberapa diantaranya seperti lingkungan, stress, hormon hingga pola atau gaya hidup yang tidak sehat.

Beberapa makanan dianggap memiliki dampak besar pada timbulnya jerawat. Bahkan, jenis makanan ini juga akan mempengaruhi kondisi kesehatan seluruh tubuh kamu. Biasanya makanan ini memiliki kandungan lemak yang sangat tinggi. Bila kamu memperhitungkan nutrisi terbaik yang memang dibutuhkan tubuh maka jerawat akan sulit untuk muncul di bagian wajah. Sebaliknya, bila kamu semakin sering mengkonsumsi makanan dengan kandungan lemak tinggi hal itu justru akan membuat peluang jerawat muncul semakin besar. Berikut ini ada 6 makanan penyebab jerawat yang harus dihindari, seperti:

Makanan dengan lemak tinggi

Lemak yang sangat berlebihan juga menjadi salah satu penyebab dari timbulnya jerawat. Ada banyak jenis makanan yang memiliki kandungan lemak sangat tinggi. Biasanya makanan ini berasal dari konsumsi daging yang berlebih hingga nilai karbohidrat yang memang terlalu banyak. Lemak berlebih pada tubuh kamu akan menjadi masalah besar karena membuat persentase gula darah semakin tidak tentu. Bahkan, hal ini justru akan meningkatkan reaksi dari hormone cascading yang membuat produksi sebum juga semakin tinggi. Peningkatan sebum yang sangat tinggi akan membuat kulit wajah semakin berminyak. Kondisi ini memang akan memberikan potensi besar terhadap timbulnya jerawat di kulit wajah.

Mie instan

Jenis makanan lain yang harus dihindari untuk dikonsumsi secara berlebihan adalah mie instan. Meskipun bahan dasar dari mie instan memang menggunakan gandum namun sering kali terdapat berbagai zat tambahan yang justru akan membuat perkembangan hormone semakin tidak stabil. Apalagi beberapa mie instan juga menggunakan MSG yang terlalu besar sebagai penyedap rasa. Hal ini yang akan semakin membuat kondisi hormone hingga kadar garam dalam tubuh menjadi semakin meningkat. Kondisi ini memang akan memberikan pengaruh pada kelenjar di kulit yang terus meningkatkan produksi sebum. Kecenderungan yang timbul tentu saja kulit wajah tampak lebih berminyak dan berpotensi timbul jerawat berlebih.

Kafein

Makanan penyebab jerawat lainnya yang harus dihindari adalah yang mengandung kafein. Jenis makanan ini memang berkaitan langsung dengan penggunaan kopi. Selain makanan, jenis minuman yang memiliki kafein sangat tinggi juga akan membuat timbulnya jerawat semakin mudah. Kafein yang berlebih akan membuat tubuh melepaskan kelenjar adrenalin yang cukup berlebihan. Cara seperti ini dilakukan agar tubuh mendapatkan potensi fisik yang lebih baik. Namun, efek samping dari konsumsi kafein yang berlebih tentu saja akan membuat tingkat stress juga semakin meningkat. Bila kamu merasakan stress maka ini akan membuat kondisi tubuh semakin menurun dan mudah mendapatkan penyakit. Stress akan membuat kondisi kulit semakin tidak baik dan memudahkan timbulnya jerawat.

Makanan dengan gula tinggi

Saat ini ada banyak jenis makanan populer yang bisa kamu nikmati. Namun, kamu harus waspada karena sebagian besar dari jenis makanan itu memiliki kandungan gula yang sangat tinggi. Tubuh memang membutuhkan asupan gula yang ideal. Perhitungan gula pada tubuh juga disesuaikan dengan kondisi. Bila kamu mengkonsumsi gula secara berlebih melalui makanan manis maka hal itu justru akan memberikan pengaruh buruk. Kondisi seperti ini bisa menyebabkan kadar gula darah akan semakin terganggu. Dampak yang paling terasa tentu saja kulit wajah akan semakin mudah memproduksi sebum. Hal ini membuat wajah semakin berminyak dan membuat jerawat semakin mudah muncul.

Fast food

Makanan cepat saji menjadi salah satu jenis yang harus kamu hindari. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa jenis makanan ini memiliki indeks glisemik yang sangat tinggi. Kandungan itu akan memberikan tingkat garam yang masuk ke dalam tubuh menjadi cukup signifikan. Hal ini akan menjadi penyebab gangguan perkembangan hormone yang ada di bagiant ubuh kamu. Bahkan, insulin yang ada di bagian tubuh juga cenderung meningkat bila kamu mengkonsumsi makanan cepat saji secara berlebihan. Ini yang membuat pertumbuhan jerawat di bagian kulit wajah juga semakin besar. Apalagi beberapa makanan cepat saji juga memiliki kandungan lemak jenuh dengan penggunaan beberapa bahan makanan yang berkalori tinggi. Hal ini harus menjadi pertimbangan penting bagi kamu untuk membatasi mengkonsumsi fast food.

Garam berlebih

Tubuh memang membutuhkan asupan garam dalam jumlah yang ideal. Namun, perhitungan dari nilai seperti ini biasanya akan memberikan pengaruh terhadap kondisi seluruh tubuh. Kandungan garam pada makanan yang dianggap sangat berlebih akan mengacaukan perkembangan hormon. Selain itu, asupan garam yang berlebih juga dianggap akan mempengaruhi kondisi tubuh seperti gangguan peredaran darah. Efek samping yang lebih besar lagi adalah kecenderungan perubahan kondisi kulit. Beberapa orang akan mengalami kulit kering hingga akan terlihat sangat berminyak. Masing-masing dari kondisi kulit itu justru akan membuat timbulnya jerawat menjadi lebih cepat dan berlebih.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *